#intermezzo: home is where your heart is


Pasca lulus SMA (Kuliah) dan memasuki dunia kerja, saya bertemu dengan banyak kawan perantau. Ada yang saya temui di kota sendiri (Bandung), ada juga yang saya temui di kota lain tengah menuntut ilmu di bangku kuliah ataupun bekerja, namun bukan di kota kelahiran atau kotanya berasal.

Ketika mereka melakukan 'Pulang Kampung', spontan saya sering kali bertanya, "Kapan pulang?". Makna pertanyaan saya adalah 'Kapan pulang ke Bandung?'.

Seketika saya bingung dengan pertanyaan saya sendiri, "Bukannya mereka lagi pulang?"

Pengertian pulang sendiri memiliki arti pergi ke rumah atau ke tempat asalnya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Rumah sendiri, bisa dimkanai lebih bukan hanya sebuah bangunan untuk ditempati. Rumah mempunyai makna yang lebih dalam. Rumah bisa dimaknai sebagai suatu hal yang bisa menciptakan kenyamanan, kehangatan, dan kebahagiaan dalam hati.

Jadi, bisa saja tempat yang kuanggap rumah saat ini. Suatu saat bisa saja bermakna rumah juga bagimu. Because, home is where your heart is :)

Komentar

Postingan Populer